Feed on
Posts
Comments

September 2011

Pelatihan Self Healing pertama kali diselenggarakan pada bulan September 2004. Begitu banyak cerita, pengalaman dan keajaiban yang disaksikan dan dialami. Tidak hanya bagi para peserta yang datang dengan beragam latar belakang dan segala permasalahannya, namun justru bagi saya selaku penggagas awal dari kelas ini.

Selama ini, saya berangkat dari keyakinan yang kuat bahwa kita perlu bertanggung jawab penuh atas diri sendiri. Atas kesehatan dan kebahagiaan hidup kita secara lahir batin. Bukan menyerahkannya kepada orang lain, atau mengandalkan para ahli.  Seharusnya pihak lain menjadi pendukung, bukan pemeran utama dalam kesehatan lahir batin kita.

Dalam kelas self healing selama ini, saya tidak pernah sengaja  mengamati permasalahan individual setiap peserta kelas, karena mengerti bahwa segala penyakit dan masalah sebenarnya punya penyebab tunggal yaitu suatu ketidakselarasan di dalam diri. Dan keyakinan tersebut sering terbukti, karena hanya dengan berlatih serangkaian latihan yang sama, tanpa melalui proses “curhat” maupun diagnosa fisik individual, banyak peserta yang berlatih self healing mengalami penyembuhan yang baik, bahkan kadang mencengangkan.

Hanya selama ini yang belum bisa saya jawab, terutama pada mereka yang sedemikian antusias memetik manfaat self healing, adalah: “Bagaimana saya bisa mempraktekkan ilmu self healing ini untuk orang lain? Terutama bila mereka belum punya kesiapan, dan kesadaran, untuk belajar menyembuhkan dirinya sendiri?”

Terus terang ini pertanyaan yang dilematis bagi saya. Di satu sisi, memang ada 1001 teknik penyembuhan bagi orang lain, namun di sisi lain saya belum menemukan racikan yang tepat untuk menyajikannya sebagai suatu sistem yang praktis, sederhana dan ampuh.  Selain itu, saya merasa banyak pelatihan penyembuhan lain yang kurang menekankan betapa pentingnya menyelaraskan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menolong orang lain,  sehingga akhirnya terkadang efek negatif justru diperoleh karena terlalu ‘bersemangat’ membantu orang lain.

Akhirnya saya cenderung merekomendasikan untuk menekuni self healing untuk diri sendiri itu lebih baik daripada memaksakan orang lain yang belum tentu siap / mau sembuh. Dan barangkali inilah yang kemudian menjadi pesan utama saya selama 7 tahun terakhir berbagi pelajaran self healing.

Sekarang, 7 tahun setelah lahirnya pelatihan self healing,  ‘rahim ide’ saya punya kelanjutan cerita, dan semoga ini menjadi bab selanjutnya dalam perjalanan Anda memahami self healing:

Pelatihan 2 hari:

MENJADI PENYEMBUH KELUARGA

“berbagi self healing untuk mereka yang tercinta”

Asah keajaiban mendengarkan sepenuh hati.
teknik konseling yang begitu sederhana namun ajaib, ketika lingkungan terkadang butuh seseorang untuk mencurahkan permasalahan dan bebannya, tanpa Anda menjadi lelah, dan bisa melegakan mereka tanpa memberi saran/solusi/opini
Memandu relaksasi lahir batin.
beragam masalah / penyakit lebih mudah dituntaskan jika diawali dengan kondisi yang tenang dan rileks. Pelajari bagaimana cara memandu relaksasi lahir batin dengan mudah. Ini akan sangat bermanfaat ketika mereka yang dibantu membutuhkan ketenangan dan istirahat.
Mengajar teknik self healing untuk keluarga.
Bagaimana memilih & mengajarkan beberapa teknik self healing yang dapat dipraktekkan oleh keluarga/sahabat Anda, agar mereka mulai bisa mandiri dalam mencapai kelegaan hati serta menyembuhkan penyakitnya.
Lepaskan beban hati & stres orang lain.
sebuah teknik sederhana yang bisa Anda gunakan untuk meringankan stres dan kemelut hati sesama, apapun masalahnya, dan dapat diajarkan juga untuk mereka praktekkan secara mandiri
Rangkaian teknik praktis selaraskan energi tubuh.
tanpa perlu diagnosa spesifik, pelajari teknik penyelarasan energi tubuh yang bersumber dari berbagai ilmu terapi profesional (Craniosacral Therapy, Energy Medicine, Jin Shin Jyutsu, Energetic Bodywork, dll) untuk membantu penyembuhan sesama.
Praktek memberikan sesi penyembuhan alami.
pelatihan ini sarat dengan praktek, agar Anda terampil memberikan sesi penyembuhan yang aman, lengkap dan sederhana di rumah bagi keluarga/sahabat. Tergantung kondisi, Anda akan mampu memberikan sesi penyembuhan sesingkat beberapa menit, hingga sesi lengkap berdurasi 1 jam. Juga bisa dimanfaatkan bilamana Anda sedang menjenguk mereka yang dirawat di rumah sakit, dsb.
Memperkuat diri untuk sembuhkan sesama.
Anda pun akan diberikan pemahaman bagaimana merawat energi diri sendiri sehingga bisa menjadi penyembuh yang seimbang saat mulai membantu orang lain. Meskipun ini bukanlah pelatihan untuk menjadi terapis profesional, banyak prinsip fundamental tentang menjadi penyembuh akan dibahas dengan jernih.

Catatan: Tidak ada prasyarat khusus untuk mengikuti pelatihan ini, namun bilamana Anda sudah menguasai teknik di Pelatihan Self Healing modul 1 & 2, serta sudah mengenal latihan meditasi (teknik apapun), maka efektivitas Anda dalam membantu penyembuhan sesama akan meningkat secara signifikan.

Comments are closed.