Feed on
Posts
Comments

Lavender

Lavender – YOUNG LIVING Essential Oil

Minyak atsiri Lavender terkenal sebagai minyak yang palling populer dan banyak manfaatnya. Minyak ini bersifat antiseptik, anti-inflamasi, untuk perawatan kulit, atau sebagai pewangi.

Latar Belakang

Lavender adalah salah satu minyak atsiri yang paling banyak gunanya, secara tradisional digunakan untuk mengobati luka bakar. Di zaman Yunani Kuno, Pedanius Dioscorides, seorang dokter, farmakolog, dan botanis, sangat memuji khasiat dari Lavender.  Di Yunani banyak dipakai sebagai bahan parfum. Di Romawi, dipakai pada fasilitas permandian karena sifatnya yang antiseptik dan menyembuhkan.  Di Mesir dipakai untuk parfum dan dupa.  Ratu Elizabeth I menggunakan lavender untuk teh minum yang mengobati masalah migren yang sering dialaminya.

Ketika mendapati luka bakar parah saat laboratoriumnya meledak, seorang ilmuwan Perancis bernama Rene Gattefosse adalah ilmuwan modern pertama yang mendokumentasikan khasiat lavender untuk mendorong pemulihan jaringan.

Sekarang, kita banyak mendapati lavender digunakan sebagai teh, untuk mengobati luka, untuk merangsang tidur alami, untuk meredakan depresi, dan mengurangi stres.  Minyak lavender adalah salah satu minyak atsiri yang paling aman, dan bisa digunakan di kulit dalam kekuatan utuh.  Manfaat minyak atsiri lavender hampir tidak terbatas.  Saat kami terus mempelajarinya, kami pun menemukan khasiat-khasiat tambahan lainnya.

Manfaat Utama

Minyak atsiri Lavender:

  • Menyeimbangkan dan menormalkan fungsi tubuh
  • Mendorong regenerasi jaringan
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Membersihkan luka gores, memar dan iritasi kulit
  • Meredakan nyeri dan linu

Cara Penggunaan

Cairkan atau hirup langsung untuk efek aromaterapi.  Gunakan langsung pada iritasi kulit, luka gores, maupun lokasi lain yang membutuhkan.  Tambahkan pada makanan atau susu beras sebagai suplemen gizi.

Tips Penggunaan

  • Hirup minyak Lavender untuk menyejukkan dan merilekskan batin dan tubuh
  • Buatlah teh herbal dengan cara mencampur 2 tetes Lavender dengan 1 sendok teh sirup blue agave, lalu tambahkan air hangat.
  • Tambahkan 4-5 tetes minyak Lavender ke gel mandi dan gunakan untuk relaksasi saat mandi hangat.
  • Beri 1-2 tetes Lavender pada bantal Anda untuk membantu tidur malam yang pulih pulas.
  • Usap dan pijat beberapa tetes Lavender pada kedua telapak kaki untuk menciptakan rasa rileks yang nyaman.

Tahukah Anda?

Sebuah studi di Chiba University Graduate School of Medicine, Jepang, menemukan bahwa “Aromaterapi lavender menurunkan kadar serum kortisol dan meningkatnya CFVR pada pria.  Temuan ini menunjukkan bahwa lavender memberikan efek relaksasi dan kemungkinan memiliki efek bermanfaat pada sirkulasi darah”

Peringatan

Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Jika sedang hamil, menyusui, minum obat, atau dirawat dalam kondisi medis tertentu, konsultasikan dahulu kepada dokter Anda.  Jangan digunakan pada mata dan jaringan membran mukus lainnya, juga hindari penggunaan pada atau dekat kulit yang sensitif.

Pertanyaan Umum

Secara umum, Lavender aman untuk dipakai pada anak-anak, dan secara tradisional umum dipakai untuk menenangkan bayi dan anak kecil.  Namun, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak Anda sebelum menggunakannya.

Sumber penerjemahan

YOUNG LIVING Essential Oil Lavender – Product Information Page

Leave a Reply