Feed on
Posts
Comments

Program Meditasi Intensif bersama Reza Gunawan

Kamis – Minggu / 26 Februari – 1 Maret 2009
Anahata Villas & Spa Resort, Ubud-Bali

rm

Saat hidup memutar kita bagaikan roda, amat mudah kita tergulung dan terombang-ambing dalam putarannya. Hanya jika kita berdiam di pusatnya, maka sekencang apa pun roda berputar, batin kita tetap geming, hening, dan bening.

Namun roda kehidupan modern yang bergerak sangat cepat seringkali tidak mengizinkan kita untuk diam dan berhenti sejenak. Bahkan kita tidak lagi tahu caranya bernapas dengan sadar, berserah pada inteligensi tubuh, dan beristirahat secara total. Saat tubuh berbaring, pikiran kita berputar. Saat tubuh beraktivitas, pikiran kita bercabang liar. Saat hati berontak, logika kita meredam dan menolak.

Begitu banyak timbunan sampah batin—dari mulai urusan hati yang tak tuntas, trauma yang belum sembuh, sampai segudang rencana dan ketakutan akan masa depan—yang kita gendong dari hari ke hari, tahun ke tahun. Beban ini, jika tidak pernah kita kuras, akan muncul ke permukaan sebagai penyakit fisik, stres, paranoia, dan aneka fenomena lain yang kita sebut sebagai “problem”.

Program “Geming, Hening, dan Bening” adalah sebuah undangan untuk berhenti dan meniti ke dalam diri. Sebuah kesempatan bagi hati untuk bisa rileks sepenuhnya, hingga kita semua kembali mampu merasakan spektrum perasaan dan emosi seluas mungkin—dari mulai tangis hingga tawa, murka hingga haru. Tanpa perlu takut dirusak olehnya. Kita belajar hanya mengamati dan merasakan.

Melalui berbagai proses dan eksplorasi napas, gerak, sentuhan, bunyi, serta komunikasi yang jujur—kita akan bersama-sama menjalani untaian meditasi yang mengantarkan kita kepada pusat diri kita yang sejati.

Dibimbing oleh Reza Gunawan, praktisi penyembuhan holistik yang telah menekuni dunia penyembuhan selama lebih dari dua dekade, program ini akan berlangsung intensif selama 4 hari 3 malam di Ubud, Bali. Suasana alam yang damai dan tenteram, didukung oleh staf yang berpengalaman, akan memastikan para peserta dapat menjalankan program seoptimal mungkin dengan rasa aman dan nyaman.

Berhenti sejenak. Kembali ke dalam. Saat kita menghuni tubuh kita dengan kesadaran penuh, mengamati batin kita secara utuh, maka kita kembali ke pusat roda. Kita kembali mencicipi kepolosan batin seorang bayi yang senantiasa hidup alamiah dan selaras. Kita pun berkesempatan untuk memaknai hidup dalam kejernihan dan kebijaksanaan yang baru. Bening. Geming. Dan hening.

Detil dan pendaftaran online, silakan klik disini.

5 Responses to “Geming, Hening & Bening”

  1. […] Saya simpan flyer-flyer berisi iklan acaranya saat di Jogja. Menyimpan harapan, suatu saat saya bisa mengikuti setiap program kegiatannya. […]

  2. ~N~ says:

    It was such a blessing to experience this intensive meditation program that allows me to see myself deeper in ways I’ve never experienced before. Faces that I just knew, Feelings that I just recognized, Thoughts that I just acknowledged —— they were there to be expressed, accepted, forgiven and surrendered.

    My deeper connection with myself, surroundings and The Divine has been built. My higher level of consciousness has been reached. My emotional, sexual and physical healings have been occurred. They have lightened up the path I am walking which was used to be torturous to go through or even to look at.

    I hear my soul is calling to places I’ve never been. Should I be worried? Maybe not. After all, The Journey that matters and how I am walking it now has made a difference.

  3. JJ says:

    Program Meditasi Intensif yang saya ikuti selama empat hari di Ubud adalah salah satu titik balik terbesar dalam hidup saya, bahkan jauh lebih besar dari yang berani saya bayangkan.

    Empat hari menyimak keheningan demi menjelajah ke dalam diri membuahkan sebuah proses yang luar biasa dahsyat bagi saya. Sebagian di antaranya mustahil diungkapkan dengan kata-kata, sebagian lagi terlalu sakral bahkan untuk dideskripsikan secara tekstual, namun jika diminta mengurai dalam satu kalimat, maka yang bisa saya katakan adalah: kebeningan itu telah memberi saya sepasang sayap, dan pada saat yang sama menghantar saya untuk bertemu dengan Diri Sejati. Saya. Kebenaran saya. Tuhan saya.

    Empat hari yang sama telah memberikan begitu banyak pengalaman dan pembelajaran. Saya belajar berserah. Saya belajar berpasrah. Saya belajar mencari. Saya belajar bertanya. Saya belajar menerima. Saya belajar melepas. Saya belajar mendengar tanpa menilai. Saya belajar mengkomunikasikan hati dan pikiran. Hal-hal esensial dalam hidup yang sesungguhnya amat lumrah namun kerap terlupakan dan tergerus oleh perkembangan jaman. Hal-hal sederhana yang (ajaibnya) mendatangkan kesembuhan besar, jauh melampaui pengharapan saya. Kini saya berani berkata, saya tahu apa itu hidup. Yang sebenar-benarnya.
    Rasanya tidak berlebihan jika saya berkata, pengalaman yang saya peroleh selama mengikuti program ini telah memutar-balik hidup saya sedemikian rupa. Saya kembali ke aktivitas sehari-hari sebagai Jenny yang biasa, namun perjalanan ini tidak pernah sama lagi. Meskipun saya telah mencicipi sekelumit esensi hidup yang sejati, perjalanan ini belum berakhir. Ia bahkan belum tiba di ujungnya. Penjelajahan –dan pencarian—ini baru saja dimulai. Dan bagi siapa saja yang tergerak untuk bergabung, saya ucapkan Selamat Datang. :-)

    Salam,

    Jenny Jusuf

    *Beberapa pengalaman selama mengikuti Program Meditasi Intensif ‘Geming, Hening, Bening’ saya tuliskan juga di blog pribadi saya, http://jennyjusuf.blogspot.com/2009_03_01_archive.html.

  4. alma says:

    Ini adalah program retreat pertama dari mas Reza yang pertama kali saya ikuti. Awalnya saya sedikit skeptis dengan apa yang akan saya dapatkan selama 4 hari 3 malam hanya dengan GEMING saja. Namun ketika saya menjalaninya, dengan melakukan hal-hal sederhana yang banyak kita acuhkan selama ini, saya menikmati HENING yang tercipta. Bagi saya pribadi, program ini membawa saya ke pengalaman perjalanan spiritual yang amat berarti. Ketika saya menyadari bahwa selama ini saya ternyata menjalani hidup dengan banyak hal yang tidak disadari dengan penuh. Hanya dengan keheningan itulah, saya bisa selapis demi selapis menguak kesadaran diri, merasakan kasih dan kedamaian yang terselubung jauh di kedalaman diri, dan menjadi BENING dalam memandang semua situasi kehidupan….. Bagi saya, roda kehidupan pasti akan terus berputar, kadang kita berada diatas dan pasti juga akan berada di bawah, ada senang dan sedih, ada sukses dan gagal,…..Biarkanlah seperti apa adanya… Sekarang saya menjadi lebih sadar bagaimana menyikapinya, dan tahu kemana tujuan saya untuk selalu berevolusi dalam hidup….Thank you, Reza for all this experiences. You are trully inspiring……Thank you all my ‘GEMING,HENING,BENING’ partners… LUV YOU & GOD BLESS YOU ALL….Terimakasih telah berbagi keindahan jiwa….

  5. Reeryn says:

    Kok jadi kepingin ikut ya?

Leave a Reply